Cara Pembuatan Pupuk Kompos Dengan Memakai Sampah Rumah Tangga



Berbicara tentang sampah, dewasa ini sampah memnjadi masalah dan polemic yang begitu berat di masyarakat. Banyaknya sampah yang dihasil per harinya makin tidak terkendali volemenya. Sampah-sampah ini berasal mulai dari sampah rumah tangga hingga sampah industry. Mengahadapi hal ini kita sebagai manusia hendaknya berfikir kreatif bagaimna cara mengolah sampah tersebut dengan baik, agar di kemudian hari tidak menjadi warisan bagi anak dan cucu kita. Untuk itu mulailah kita mengolah sampah tersebut mulai dari tingkatan yang paling kecil sekupnya, yang dalam ha ini adalah sampah rumah tangga.
                 
Hasil gambar untuk pupuk kompos
 Source Images www.tokomesin.com

Sampah rumah tangga adalah sampah yang dihasilkan dari kegiatan di dalam rumah tangga sehari-hari dan terdiri dari banyak jenis sampah. Jumlah sampah yang dihasilkan dari rumah tangga tergantung dari kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh rumah tangga tersebut. Maka dari itu mulailah kita mengolah sampah tersebut. Hal kecil yang bisa kita olah dari sampah yang dihasilkan dari rumah tangga adalah sampah organic yang dihasilkan dari rumah tangga yang bisa kita jadikan pupuk kompos.
                Sampah organic adalah sampah organic adalah sampah yang berasal dari sisa mahluk hidup yang terdapat di alam, seperti hewan dan tumbuhan. Dimana dalam hal ini sampah organic yang dihasilkan dari rumah tangga adalah sampah seperti sisa makanan, sisa sayuran yang sudah busuk, dan sisa daging yang sudah busuk dan tidak layak makan, potongan kayu dan kulit dari buah-buahan. Sampah-sampah oraganik inilah yang bisa kita olah untuk dijadikan pupuk kompos.
                Adapun tips cara dan langakah pengolahan sampah organic agar bisa menjadi pupuk kompos yaitu sebagai berikut :
1.       Kita siapkan bahan-bahannya yaitu berupah sampah organic rumah tangga dan juga tanah
2.       Kita siapkan juga alat-alat yang digunaka seperti cangkul sekop dan sarung tangan jika anda perlu.
3.       Sebelum kita mulai membuat komposnya pastikan tempat untuk membuatnya sudah tersedia. Dalam hal ini  kita bisa menggunakan wadah besar atau kita membuat lubang dalam tanah. Disini kita akan memakai lubang tanah sebagai tempatnya, untuk itu kita butuh terpal atau plastic besar dan lebar untuk alas dan bisa menutupi sampai permukaan. Fungsi terpal atau plastic ini adalah untuk mempercepat proses pembusukan karna menjadikannya lebih lembab.
4.       Selanjutnya terpal atau plastic itu kita bentangkan pada lubang sebagai alas, dan masukan tanah kedalam lubang.
5.       Masukan sampah organic yang telah kita siapkan tadi. Untuk lebih mempercepat pembusukan bisa kita tambahkan cairan EM,Usahakan ketebalan sampah yang kita masukkan sama dengan tebal tanah dibawahnya.
6.       Masukkan lagi tanah sebagai penutup sampah oraganik tadi hingga rata dan usahakan cukup tebal.
7.       Terakhir tutup dengan sisa alas terpal atau plastic tadi dan tindih menggunakan batu atau tanah dengan rapat, dan tunggu sekitar tiga  sampai lima minggu.
Demikianlah tips cara dan langkah membuat pupuk kompos dengan menggunakan sampah rumah tangga. Mudah bukan dan tidak memerlukan biaya mahal untuk menuburkan tanaman disekitar rumah kita dan bahkan ini bisa menghasilkan uang jika anda rajin dan tekun untuk menjadikan ini usaha anda. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Cara Pembuatan Pupuk Kompos Dengan Memakai Sampah Rumah Tangga"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...